Antara kamu, Yunisa KD, dan novel-novelnya

GEM – Go the Extra Mile

Yunisa KD • Dec 5, 16 • CoretanTidak ada Komentar

Ah akhirnya, inget kalau website sudah diabaikan lama akibat server was unstable, terus suami ganti host. Utang banyak artikel untuk dipindah dari Facebook Page ke sini.

Entah mengapa sibuk setengah mati gini malah jadi pengin nulis yang non-fiksi, rada-rada motivational gitu. Terus jadi baper inget bestfriend di Amrik, si Venny yang bilang she could foresee me someday becoming a motivational speaker, tapi jelas bukan kayak Mario Teguh yang omdo. Karena sebelum aku menasihati orang lain, aku pasti sudah menjalankan omonganku sendiri. Kalau aku belum bisa, aku akan mengutip teladan lain yang sudah berhasil melakukan hal tersebut (misalnya: Mamaku yang super baik, Tante Johanna, Dr Budiono Santoso, to name a few).

Di Singapore zaman dulu, tiap tahun ada GEMS award – Go the Extra Mile Services – diberikan kepada individu yang bergerak di bidang jasa, dan mendapatkan pujian dari pelanggan. Nah, Dr Dede Selamat Sutedja (waktu itu di NUH – National University Hospital) tiap tahun selalu mendapatkan penghargaan ini.

Sebenarnya apa sih definisi GEM? Go the Extra Mile?

GEM adalah hal-hal yang sebenarnya bukan kewajiban si petugas / penjual jasa, tetapi tetap dia lakukan agar pelanggan lebih terbantu.

Nah, dari pengalaman & pengamatanku, sifat GEM ini by default is a talent, either you have it or you don’t. So it’s not whether you put your heart into it or not

Kalau seseorang memang dari sononya selalu perhatian sampai detail terhadap orang lain, dia sendiri akan merasa nggak mantap kalau tidak menjadi diri sendiri…  Sifat ini bukan karena training atau apa, tetapi memang genuine dari diri orang itu. Kelihatan dari aura, cara membawa diri yang hangat. 

The good physician treats the disease, the great physician treats the patient who has the disease – William Osler

Beda dokter yang baik dan dokter yang hebat menurut Wiliam Osler: dokter yang baik merawat penyakitnya, dokter yang hebat memperhatikan pasiennya (gak cuma penyakitnya).

Venny pernah cerita zaman SMP nge-kost di rumah ibu Dr Dede, jelas toh bukan tugas Dr Dede untuk mengobati kakinya yang luka, tetapi Dr Dede pas mampir melihat kaki Venny luka, terus he did treat her wound sampai sembuh. Makanya Venny sangat terkesan dan terkenang sepanjang masa hahahha…

When I told Dr Dede that my unhappiness affects my physical health as A, B, C did not wish me a happy birthday and husband cannot do anything about it although he is very sorry, Dr Dede suddenly replied me with a belated happy birthday just to cheer me up although my birthday has passed for a few months and I am sure Dr Dede does not know when my birthday is hahhaha…

Zaman masih kuliah di NUS, ada alm ibu cowok yang mendengar dari ortuku bahwa aku suka mangga (dan mangga enak itu langka & super mahal di Sg), alm ibu tersebut membawakanku mangga masak pohon, hand-carry! Sampai detik ini, aku masih terkesan dengan sweet gesture-nya. Apakah aku besok bakal gitu sama calon mantu? Walahualam.

Dari artikel-artikel agen rumah yang sukses jualannya, semuanya menampilkan sifat GEM. Dan aku tidak sungkan-sungkan bilang ke suami kalau sepupunya memang tidak berbakat GEM, makanya kariernya ya gitu-gitu tok (saya sadis kalau mengkritik).

Puji Tuhan, hidupku sebelum menikah sudah dikelilingi orang-orang dengan standar kepribadian GEM, jadi aku terbiasa memperhatikan dan mengurus hal-hal sampai detail. Inilah yang membuatku merasa eman-eman kalau aku mati sekarang karena aku masih sangat berguna bagi banyak orang.

Sayangnya, tidak semua orang layak mendapatkan perhatianku sampai selevel itu karena semacam air susu dibalas dengan air tuba? atau apalah, belum nemu peribahasa yang pas. Yang jelas, banyak orang yang tidak mau berpikiran soal utang budi dan take other people for granted sehingga melukai perasaan/harga diri orang yang penuh perhatian. Percuma jika berharap mereka akan berubah, karena perubahan itu harus dimulai dari dalam diri mereka sendiri, bukan dari kitanya. Kalau kita sudah baik, mereka tidak mau baik, ya sutra lah… Masih banyak sesama orang baik dengan mentalitas GEM di luar sana, dan kita bakal langsung klop, klik sama mereka.

Salam GEM.

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.